Selasa, 21 Mei 2013

MEMBUAT KOLAM TERPAL

kolam terpal merupakan investasi termurah untuk pembuatan kolam dengan lahan sempit dalam budidaya ikan lele dibandingkan dengan kolam permanen, ada beberapa keuntungan dan kerugian dalam pembuatannya.

Keuntungannya.
  • Lebih terkontrol dari predator ( pemangsa )
  • Lebih murah
  • Dapat digunakan di lahan sempit / terbatas,
  • Tidak terlalu sulit dalam penyortiran Bibit Lele maupun ketika panen.
  • Hanya memakan waktu singkat dalam pembuatan
Kerugiannya.

  • dalam waktu kurang lebih 2 tahun, terpal sudah harus diganti, dan tiang bambu cepat terkena rayap
itu sekilas tentang kerugian dan keuntungan kolam terpal untuk gambaran sebelum kita membuatnya.


Cara Membuat:
pertamakali yang kita buat adalah rancangan berapa besar kolam yang kita perlukan, juga berapa kedalaman  kolam yang akan dibuat.sedangkan untuk kapasitas normal kepadatan ikan lele dalam 1m3 dapat menampung 100-150 ekor. jadi sebagai contoh untuk pembuatan dengan kapasitas kepadatan 1000 ekor kita memerlukan kolam ukuran 5 x 2 m = 10 x 100 = 1000 ekor, sedangkan untuk kedalaman kolam bervariasi ada sebagian memakai kedalam air 1m ada juga 80 cm itu tergantung bagaimana kita mau membuatnya..

·         Bambu
1 batang bambu mempunyai panjang 6-7 meter.
Untuk kolam dengan ukuran 2m x 4m x 1m (L x P x T)

Untuk tiang:
Potong ukuran 1,50 cm (50cm untuk dipendam dalam tanah guna penahan kolam terhadap air) sebanyak 30 bh = 30 x 1,50 = 45 potong = 9batang bambu berdiamenter besar,

Dinding kolam

 
Untuk bambo dinding  ukuran 4,20 cm= 4bh, ukurang 2,20cm  = 4bh



Untuk kisi-kisi (bambu belah) untuk dinding :24 belah bambu berukuran 4.20cm
1potong bamboo berukuran 4.20cm dapat dibelah jadi 4 belah. Jadi untuk kisi ukuran 4.20cm memakai 6potong bamboo berukuran 4.20cm demikian juga untuk kisi dinding berukuran 2.20cm.
Jadi total pemakaian bamboo sebanyak 9 + 4 + 6 = 19 batang bamboo.

·         Terpal.
Untuk pembesaran memakai terpal tebal yaitu type A12 beda dengan untuk Bibit Lele

Rumus pemakaian terpal: dinding kanan+ dinding kiri + alas + lipatan atau 1m + 1m + 4m + 20cm =5,20cm demikian juga untuk rumus lebar kolam 1m + 1m + 2m + 20cm = 4.20cm

Cara membuatnya
Buatlah kerangka kolam terlebih dahulu dengan bamboo
Setelah kerangka kolam selesai untuk selanjutnya pasang kisi dinding dengan bamboo yang dibelah, dengan jarak di dasar rapat semakin keatas agak renggang dipaku dari dalam kerangka kolam.
Setelah kita pastikan kerangka selesai dan kuat kita ratakan tanah dan buang benda2 tajam yang dapat mengakibatkan kerobekan pada terpal, baru setelah itu pasang terpal, untuk disetiap siku dasar usahakan terpal jangan menggantung sedangkan untuk dipojoknya cukup lipat terpal seperti melipat kertas kado.

Nah selesai sudah kolam terpal yang kita buat, itu sekilas info dari saya dalam pembuatan kolam terpal, semoga teman peternak dapat mengerti dan menerapkannya, atau pun ingin berkunjung, silahkan…

Tidak ada komentar: